Tuesday, July 28, 2009

Mengurangi Sampah (Reduce)



Reduce adalah R pertama dari prinsip 3R, yaitu mengurangi sampah yang kita hasilkan. Aktivitas reduce dapat dimulai dari hal-hal yang sederhana, baik di rumah, kantor, sekolah, di manapun anda berada.

Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah mengenai pola belanja kita sehari-hari. Prinsip dalam berbelanja yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
1. Membeli barang-barang yang dibutuhkan.
Biasakan berbelanja dengan menggunakan daftar belanja agar kita terhindar dari kebiasaan untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan.
2.Membeli barang yang dapat dipakai ulang.
Belilah produk dalam kemasan botol daripada kaleng, karena botol dapatuntuk digunakan berulang-ulang (kecuali botol plastik air minum kemasan). Bila membeli baterai, belilah yang dapat diisi ulang (rechargeable battery).
3. Belilah satu macam pembersih yang serba guna daripada membeli bermacam-macam produk pembersih. Selain baik untuk lingkungan, kita juga dapat sekaligus menghemat pengeluaran.
4. Belilah produk dengan kemasan yang seminimal mungkin dan dengan kemasan yang ramah lingkungan.
Semakin sedikit kemasan produk, semakin sedikit sampah yang harus kita buang.
5. Belilah produk dalam kemasan yang besar untuk barang-barang yang sering kita gunakan sehari-hari, misalnya belilah sabun cuci ukuran 2 kg daripada ukuran sachet atau 500 gr.
6. Menggunakan kantong belanja yang dapat dipakai berulang-ulang.
Hindari penggunaan kantong plastik/kresek yang berlebihan ketika kita biasanya berbelanja.


Selain pola belanja kita, seringkali kita juga membuang barang-barang yang sebenarnya masih dapat digunakan untuk manfaat yang lain, sebagai contoh:

1. Kertas
Kertas yang sudah terpakai terkadang masih dapat digunakan untuk menulis catatan sehari-hari.

2. Kertas Koran






Dapat digunakan untuk pembungkus barang.

3. Toples kue
Dapat digunakan untuk kotak menyimpan barang.

4. Kantong plastik
Dapat digunakan kembali untuk berbelanja atau untuk plastik tempat sampah ataupun untuk kegunaan-kegunaan lainnya. Selama ini kita cenderung membuang kantong plastik belanja kita langsung di tempat sampah. Mulailah untuk membiasakan diri menggunakan ulang kantong plastik yang masih bisa terpakai untuk kegunaan lainnya.

Barang-barang yang sudah lama tidak kita gunakan dapat juga kita berikan kepada orang lain (saudara/tetangga/teman). Beberapa barang bahkan bisa kita jual sebagai barang bekas, misalnya lewat internet.

Bumi kita sudah sangat penuh oleh sampah. Sampai kapan kita mau tidak peduli terhadap kelestarian bumi kita ini ? Sampai kapan kita mau hidup seenaknya sendiri tanpa memikirkan generasi mendatang kita. Mari kita mulai sekarang, sebelum keadaan bumi ini menjadi semakin parah. Mari kita mulai dari hal-hal yang kecil di rumah kita atau pada kegiatan kita sehari-hari. Jika setiap orang mau melakukan bagiannya masing-masing, alangkah besarnya pengaruh yang bisa diberikan untuk kelesatrian bumi kita. Kasihilah bumi, karena inilah tempat tinggal kita satu-satunya di dunia ini.

LET’S GO GREEN, EVERYONE !!! ^^

1 comment: