Wednesday, July 8, 2009

Manfaat Buah Lemon


Lemon selain digunakan sebagai makanan dan minuman ternyata juga sangat banyak gunanya dalam kehidupan kita sehari-hari. Lemon mengandung banyak vitamin C dan memiliki efek anti bakteri. Selain itu lemon juga memiliki kandungan anti oksidan dan anti karsinogenik. Air buah lemon mengandung 5% asam yang banyak kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari dalam rumah tangga.

Memilih dan Menyimpan Lemon
Lemon yang baik adalah yang memiliki ciri-ciri:
• Warna kuning cerah
• Berat sesuai ukurannya
• Kulitnya halus
Lemon dapat bertahan selama 1 minggu pada suhu ruangan. Sedangkan apabila disimpan di dalam kulas, dapat bertahan selama 2-3 minggu. Potongan buah lemon dapat dibekukan hingga bertahan selama berbulan-bulan.

Mengambil Air Lemon
Air buah lemon akan maksimal apabila diambil pada suhu ruangan atau setelah dipanaskan di microwave selama bbrp detik sebelum diperas. Tekan buah lemon dengan telapak tangan diatas permukaan yang keras. Apabila hanya membutuhkan sedikit air lemon, buah lemon dapat dilubangi ujungnya dan setelah diambil airnya dpat ditutup dengan menggunakan plastik dan disimpan kembali.

Manfaat dari Buah Lemon:
1. Pengharum udara – campurkan air lemon dan air, masukkan ke dalam atomizer, maka lemon akan menjadi pengharum ruangan yang harum dan bebas baan kimia.
2. Pembersih serba guna – campuran air lemon dan air dapat digunakan untuk membersihkan peralatan dapur dan kamar mandi.
3. Microwave – panaskan semangkuk air dan potongan buah lemon selama 30-60 detik di dalam microwave. Microwave akan menjadi lebih mudah dibersihkan dan bau akan menjadi hilang.
4. Lemari es – potong setengah buah lemon dan letakkan di dalam kulkas, maka lemon akan menghilangkan bau-bau yang tidak sedap.
5. Toilet – campuran segelas lemon dan ½ gelas borax akan menjadi pembersih toilet yang kuat dan dapat mengharumkan toilet.
6. Pengharum pakaian – 1 sendok teh air lemon dicampurkan pada cucian akan menambah keharuman pakaian.
7. Pencuci piring – satu sendok teh lemon yang ditambahkan pada sabun cuci piring akan meningkatkan kemampuan untuk menghilangkan lemak.
8. Pembersih kaca– 4 sendok makan lemon dan ½ galon air dapat digunakan sebagai pmbersih kaca yang efektif.
9. Furnitur – 2 bagian minyak zaitun atau minyak goreng dicampur dengan 1 bagian air lemon dapat digunakan untuk memoles furnitur.
10. Pembersih luka – bbrp tetes air lemon yang diteteskan pada luka dapat membantu menghentikan pendarahan dan berfungsi sebagai desinfektan.
11. Pencuci tangan – mencuci tangan dengan air lemon akan menhilangkan bau amis dan bau-bauan lain yang tidak sedap.

Begitu mengejutkan betapa banyaknya jenis dan jumlah bahan kimia di rumah kita untuk bermacam-macam kebutuhan, sementara alam sebenarnya telah menyediakan bagi kita semua yang kita butuhkan. Lemon adalah buah yang sangat banyak manfaatnya. Ayo kita praktekkan bersama-sama dari rumah kita sendiri untuk kebaikan lingkungan tempat tinggal kita.


Let’s GO GREEN everyone !! ^^

No comments:

Post a Comment